All About Tor

Disini saya mencoba untuk menjelaskan mengenai Tor dan beberapa servis yang digunakan bersamaan dengan Tor.

Apa itu Tor ??

Tor adalah sebuah aplikasi/program yang mampu membuat pemakainya menjadi “anonymous” saat beraktifitas online. Tor akan menyembunyikan pemakainya dari pihak ketiga dan mencegah website untuk mengetahui tempat dimana pengguna tersebut berada. Cara yang digunakan adalah dengan melakukan “rerouting” paket yang dikirim maupun diterima oleh pengguna melalui jaringan Tor. Jaringan Tor sendiri terdiri dari ratusan sukarelawan dari seluruh dunia yang secara khusus mengkonfigurasi Tor yang mereka gunakan sebagai “relay station” untuk pengguna yang lain. Tor juga memiliki kekurangan, pengguna harus mengkonfigurasikan setiap aplikasi yang di inginkan menjadi anonym secara satu per satu.

Bagaimana Cara Kerja Tor ??

Tor bekerja dengan cara melakukan rerouting data yang dikirim dan diterima pengguna melalui netowrk dari pengguna Tor lainnya. Saat anda sebagai pengguna Tor mengakses suatu web atau mengirim e-mail, maka data yang anda kirimkan akan di rerouting terlebih dahulu ke pengguna Tor lainnya. Client yang dilewati mengetahui client mana yang juga dilewati sebelum sampai ke dirinya,, dan juga mengetahui data tersebut akan di kirim lagi ke client yang mana. Tetapi tidak ada client yang bisa mengetahui keseluruhan jalur yang dilewati data tersebut.

Tor Button

Torbutton adalah add-ons untuk mozilla firefox yang memudahkan pengguna untuk mengontrol “Tor client” yang mereka miliki. Pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan atau me non aktifkan “Tor client” hanya dengan menggunakan button ini. default nya, Torbutton hanya berbentuk tulisan di pojok kanan bawah dari browser. “Tor enabled” saat aktif dengan nyala hijau dan “Tor disabled” dengan nyala merah saat Tor tidak aktif. Tetapi pengguna juga bisa memodifikasi bentuk button ini dengan memilih “Customize”

Polipo

Polipo adalah sebuah caching web proxy yang kecil dan cepat. Polipo sebenarnya dirancang untuk untuk pemakain individu atau kelompok kecil. polipo memiliki semua fungsi web proxy traditional. Karena Polipo yang ukurannya kecil, dan sangat mudah di install (cukup meng-copy binary Polipo), sehingga banyak orang yang menggunakanya melalui komputer dimana kebetulan mereka berada, walaupun tidak memiliki On-disk cache. Dan juga banyak orang menggunakannya untuk melewati firewall dengan konfigurasi yang terlalu ketat. Dan juga, karena dapat berkomunikasi baik pada IPV4 dan IPV6, polipo juga bisa digunakan sebagai jembatan antara IPV4 dan IPV6. Dimana dimungkinkan host IPV6 mengakses host IPV4.

Hidden Services

Hidden services mengijinkan pengguna Tor untuk membuat atau mendukung sebuah web, forum, chatroom, atau social gathering tanpa memberikan jalan bagi orang lain untuk mengetahui informasi tentang web tersebut. Hidden Services banyak digunakan bagi orang yang mengelola web yang illegal, tidak etis, atau kelompok yang tidak diterima. Tor Hidden Services, tidak akan mengijinkan siapapun untuk mengetahui siapa yang membuat web tersebut serta siapa yang mengunjungi web tersebut. Tor Hidden Services juga biasa digunakan oleh orang – orang yang merasa selalu diserang oleh software berbahaya, hackers, dll.

Masa Depan Tor

Masa depan Tor jelas sangat menjanjikan. Apalagi jika semakin banyak orang yang bergabung dengan Tor Network. Para desainer Tor Network terus berusaha untuk mendesain jaringan yang jauh lebih baik, dan lebih mudah untuk diakses dengan jumlah pemakai sebanyak mungkin. Semakin banyak orang yang menggunakan Tor dan menjadi relay, jadi kemungkinan akan semakin banyak koneksi dan pengguna dan pekt data yang lewat. Sehingga akan semakin sulit untuk sebuah  software analisis lalu lintas data maupun perseorangan yang ingin mencoba untuk mencari tahu siapa yang mengirimkan data, dan dimana dia berada.

Mungkin tutorial ini terlihat sepeleh bagi beberapa orang,, tapi saya yakin akan bermanfaat minimal untuk satu orang di dunia ini… 😀

thanks to : Kampus putih biru saya, yang telah memberikan batasan dalam koneksi vpn nya, sehingga saya mencari cara untuk mengatasi permbatasan ini… 😀

Sumber : https://www.torproject.org


About this entry